Awas, Korsleting Listrik Bisa Picu Kebakaran. Yuk, Cegah!

Kamu pastinya pernah mendengar rumah terbakar akibat korsleting listrik, kan? Ya, selain disebabkan karena tabung gas yang meledak, kebakaran di rumah juga bisa terjadi karena korsleting listrik, loh. Di mana, penyebabnya sendiri biasanya karena hubungan antar konduktor positif dan negatif yang mengakumulasi panas sehingga dapat mengakibatkan kebakaran dan ledakan hebat. Apabila kondisi dibiarkan, tentu sangat membahayakan karena itulah kamu disarankan untuk lebih berhati-hati dan sebaiknya memasang alarm kebakaran di rumah. 

Dengan adanya alarm untuk kebakaran ini, kamu tentu bisa segera menyelamatkan diri di saat berada dalam ancaman bahaya kebakaran. Bukan hanya itu saja, dengan memasang alarm kebakaran ini juga dapat membantu mencegah api menjalar semakin luas ke area lain di rumah. Dengan demikian, jika terjadi korsleting listrik yang menyebabkan kebakaran, alarm tentu akan langsung berbunyi. 

Nah, karena korsleting listrik bisa memicu kebakaran, sebaiknya terapkanlah beberapa cara berikut untuk mencegahnya. (source: merdeka.com)

Cabut peralatan elektronik

Pastikan untuk mencabut seluruh peralatan elektronik yang tidak kamu gunakan, ya. Melansir dari merdeka.com, terlalu banyak menggunakan peralatan yang membutuhkan listrik dapat menyebabkan beban listrik menjadi berat. Ini tentu dapat mengakibatkan sekring di rumah menjadi naik turun dan memutus arus listrik. 

Apabila kondisi ini dibiarkan maka membuat arus listrik menjadi tidak stabil dan bisa memicu korsleting. Untuk itu, cabutlah semua peralatan elektronikmu supaya tidak mengalami kejadian korsleting. 

Gunakan peralatan yang sesuai standar

Disarankan menggunakan peralatan listrik, seperti steker, sakelar, stop kontak, kabel-kabel yang sesuai dengan standar. Tentunya, standar tersebut harus memiliki label Standar PLN (SPLN), Standar Nasional Indonesia (SNI), hingga standar dari Lembaga Kelistrikan (LMK). 

Dengan menggunakan peralatan yang sesuai standar, maka dapat membantu meminimalisir terjadinya korsleting listrik dan kebakaran. 

Jauhkan dari percikan air

Supaya tidak menimbulkan korsleting, ada baiknya jauhkanlah seluruh peralatan elektronik yang ada di rumah dari percikan air seperti wastafel cuci piring, aquarium, galon air, dan lain sebagainya. 

Hal ini karena jika percikan air tersebut mengenai peralatan elektonik yang sedang menyala, maka akan meningkatkan risiko korsleting penyebab kebakaran. Untuk itu, jangan letakkan peralatan elektronik di sumber percikan air, ya. 

Tidak hanya beberapa cara di atas, kamu juga harus melakukan beberapa hal berikut:

  • Gunakan kabel dan ukuran yang sesuai dengan hantar arus listrik;
  • Tidak saling menumpuk colokan atau terminal listrik;
  • Jauhkan peralatan listrik dari benda yang mudah terbakar;
  • Lakukan perawatan berkala pada instalasi listrik;
  • dan lain sebagainya. 

Semoga artikel di atas bermanfaat, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *