Pentingnya Energi Matahari untuk Kehidupan Manusia

Suka sering kepanasan kalau terkena sinar matahari? Eits, dibalik panas yang diberikannya, nyatanya matahari sangat berguna untuk kehidupan manusia, loh. Mulai dari; menyehatkan tubuh karena mengandung vitamin D yang sangat tinggi bahkan sampai menghasilkan listrik tenaga surya sehingga tidak heran bermunculan perusahaan di bidang Energi Baru Terbarukan, salah satunya Surya Energi.

Lebih dari itu, matahari juga memberikan manfaat lain. Apa saja?

Kurangi polusi udara

Apakah kamu tahu, kalau matahari dapat membantu mengurangi polusi udara yang dapat mengancam kesehatan tubuh dan bahkan bisa menjadi memicu kematian. Apa hubungannya? Mengutip dari laman Halodoc, bahan bakar fosil yang digunakan untuk produksi listrik menghasilkan lebih banyak karbon. Inilah yang menjadi penyebab polusi udara.

Kalau produksi listrik memanfaatkan tenaga surya, maka polusi udara tersebut dapat dikurangi dan beberapa senyawa seperti emisi partikel, sulfur dioksida, dinitrogen oksida, dan karbondioksida juga dapat dikurangi. Oleh karena itu, pemanfaatan tenaga surya sangat penting karena lebih ramah lingkungan.

Kesehatan meningkat

Masih dari hasil lansiran yang sama, emisi karbon yang dihasilkan bahan bakar fosil bisa memberikan dampak serius pada kesehatan, terutama pada paru-paru dan jantung. Kalau memanfaatkan matahari sebagai sumber listrik maka dapat mengurangi emisi karbon sehingga udara di sekitar jadi lebih bersih.

Jika udara bersih, tentu kesehatan bisa meningkat dan bisa terhindar dari masalah kesehatan seperti sakit jantung, asma, sampai kematian. Untuk itu, yuk, mulai beralih ke energi matahari untuk hidup yang lebih sehat.

Kurangi pemakaian air

Sama halnya dengan manusia, pembangkit listrik tradisional juga membutuhkan air untuk dapat mendinginkan radiator supaya tidak cepat panas ketika bekerja, mengangkut bahan bakar lewat pipa, serta memproses bahan bakar.

Biasanya, air yang dibutuhkan adalah ribuan liter setiap tahunnya. Tapi, apabila menggunakan energi dari matahari, penggunaan air bisa dikurangi. Soalnya, pembangkit listrik dengan energi matahari ini hanya butuh air hujan ketika pembersihannya bukan air biasa.

Tak hanya ke-3 hal di atas, sinar matahari juga bermanfaat untuk mengurangi ketergantungan akan bahan bakar fosil, mengatasi masalah pemanasan global, mengeringkan pakaian, memperbaiki mood, mengurangi stres, membantu ritme istirahat, dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *