Ternyata Ada Banyak Penyebab Mata Panda

Meskipun berada di area yang kecil, tetapi kesehatan kulit di area mata juga sangat penting untuk diperhatikan. Misalnya saja dengan menggunakan eye cream anti aging lokal untuk mencegah tanda penuaan dini. Namun, selain penuaan dini, ada masalah lain yang sering menyerang yaitu mata panda.

Mengapa disebut mata panda?

Sebab kulit di area sekitar mata terlihat kehitaman seperti layaknya mata seekor panda. Nah, ketika mata Anda terlihat seperti ini, pasti banyak orang yang mengira bahwa Anda kurang tidur. Padahal ternyata ada banyak penyebab lain yang bisa membuat kulit di sekitar mata kehitaman, loh!. Apa saja ya?

  • Kurang tidur

Ketika Anda kurang tidur di malam hari, maka pasti akan berdampak pada kesehatan kulit Anda. Hal yang sudah jelas adalah kulit menjadi terlihat kusam. Selain itu, aliran darah juga tidak mengalir dengan lancar dan menumpuk di area bawah mata. Karena kulit di area tersebut tipis, sehingga akan membuatnya terlihat gelap dan kehitaman.

  • Penuaan dini

Semakin bertambahnya usia maka akan elastisitas kulit juga akan semakin berkurang. Kulit juga akan semakin tipis sehingga pembuluh darah di area bawah kulit akan semakin terlihat. Inilaah yang menyebabkan semakin bertambahnya usia Anda maka risiko mengalami mata panda juga semakin besar.

  • Dehidrasi

Ada banyak risiko yang bisa terjadi pada Anda ketika tubuh mengalami dehidrasi. Salah satunya yaitu memengaruhi kesehatan kulit Anda. Tidak hanya menyebabkan kullit menjadi kering, kurangnya cairan tubuh juga akan membuat kulit terlihat sayu, kusam, dan gelap.

  • Alergi

Setiap orang memiliki alergi terhadap berbagai hal yang berbeda. Ketika Anda sedang mengalami alergi akibat terpicu suatu hal, maka tubuh akan mengeluarkan histamin sebagai bentuk responnya. Dikeluarkannya histamin akan menyebabkan pembuluh darah membesar sehingga semakin terlihat, termasuk di area sekitar mata.

  • Infeksi

Selulitis periorbital merupakan salah satu infeksi yang terjadi pada kulit dan jaringan di area sekitar mata. Kondisi ini harus diatasi dengan cara yang tepat karena jika tidak dapat mengganggu indera penglihatan Anda. Namun biasanya dapat teratasi dengan penggunaan antibiotik.

Untuk mengatasi masalah mata panda ini, ada baiknya jika Anda menganalisa penyebabnya terlebih dahulu. Namun jika bukan karena alergi dan infeksi, Anda bisa mengatasi masalah ini dengan beberapa cara berikut:

  • Cukup istirahat
  • Kompres dengan handuk dingin
  • Masker timun

Anda juga bisa menggunakan krim mata untuk mengatasinya. Namun, pastikan Anda memilih krim untuk mengatasi mata panda dengan tepat ya, agar tidak menyebabkan masalah kesehatan lain pada kulit. Semoga informasi pada artikel di atas bermanfaat dan Anda bisa terbebas dari masalah mata panda ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *