Overeating Pada Anak, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Salah satu hal yang membahagiakan bagi orangtua adalah ketika melihat anak lahap makan. Sebab dengan begitu, Anda tidak perlu lagi khawatir anak mengalami kekurangan nutrisi seperti yang banyak dialami anak dengan nafsu makan kecil. Namun, bagaimana jika ternyata anak justru overeating atau memiliki nafsu makan yang berlebihan? Tidak hanya itu, makanan yang dikonsumsi anak juga bukanlah makanan yang sehat dan bernutrisi. Artinya, anak tetap saja bisa berisiko mengalami masalah nutrisi meskipun makan dengan cukup.

Melansir dari situs jillcastle.com, ternyata anak makan banyak tidak selalu karena merasa lapar, sama halnya seperti orang dewasa. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa menyebabkan anak overeating dan bagaimana cara mengatasinya:

  • Terlalu lapar

Ketika seseorang merasa terlalu lapar, maka akan membuat makan secara berlebihanĀ  ketika tiba waktunya makan. Untuk mengatasinya, Anda bisa membuat jadwal makan rutin dan berikan snack di tengah jadwal makanan utama. Dengan begitu anak tidak akan merasa terlalu lapar.

  • Aktivitas fisik

Semakin banyak aktivitas fisik yang dilakukan anak, secara otomatis akan membuat jumlah kalori yang terbakar semakin banyak. Hal ini akan membuat kebutuhan makan anak semakin besar. Namun, Anda bisa memberikan makanan sehat bernutrisi pada anak tetap dengan jumlah yang terkontrol agar anak tetap sehat.

  • Bosan

Anak yang merasa bosan terkadang akan merasa lapar terus menerus, meskipun belum lama selesai makan. Untuk masalah ini, Anda bisa mengajak anak melakukan berbagai aaktivitas seru agar dia tidak merasa bosan. Tentunya, Anda juga harus ikut berpartisipasi, jangan hanya menyuruh anak dan kemudian sibuk mengerjakan aktivitas yang lain.

  • Media

Tahukah bahwa anak sangat rentan tergoda dengan iklan makanan yang dilihatnya dalam berbagai media? Baik TV maupun media cetak. Tidak peduli apakah anak sedang kenyang atau makanan tersebut sehat atau tidak, ketika iklan terlihat menarik maka anak akan tertarik untuk mengonsumsinya.

  • Rangsangan indera

Aroma makanan yang enak dan tampilan makanan seringkali menggugah selera makan anak. Sayangnya, biasanya makanan yang seperti ini justru tidak sehat bagi kesehatannya. Untuk mengatasinya, Anda harus bisa kreatif menyajikan makanan sehat dalam tampilan yang menarik dan beraroma nikmat.

Memiliki nafsu makan yang bagus tentu diharapkan oleh para orangtua. Namun jangan sampai anak justru mengalami overeating, terutama untuk makanan tidak sehat, karena tentunya akan mengganggu kesehatan tubuhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *