Menggunakan Oli Mobil untuk Motor, Bisakah?

Oli atau pelumas adalah salah satu komponen pelengkap untuk kendaraan. Selain berfungsi sebagai pelicin mesin, oli juga berperan selaku pelindung komponen mesin dari karat, pembersih mesin, penghemat bahan bakar kendaraan, juga peningkat performa mesin. Secara umum, oli diproduksi berlainan untuk kendaraan roda empat dan roda dua. Bahkan oli untuk motor matic, bebek dan sport saja memiliki perbedaan.

Mengutip Head of Technical Specialist PT Pertamina Lubricants di laman Detik Oto, perbedaan bahan dasar pembuatan oli untuk mobil dan motor mengikuti kopling kendaraan. Ya, mobil adalah kendaraan dengan kopling kering sedangkan motor memiliki kopling basah. Dengan demikian, kopling pada mobil tidak terendam oli, sementara kopling motor akan terendam oli. Namun, akhir-akhir ini banyak pembicaraan soal penggunaan oli mobil untuk motor. Apakah oli mobil benar-benar bisa digunakan untuk motor?

Jawabannya adalah bisa. Di atas dikatakan bahwa oli untuk tipe motor matic, bebek, dan sport memiliki perbedaan. Alasannya adalah karena motor matic memiliki kopling kering—seperti mobil, sedangkan motor bebek dan sport memiliki kopling basah. Maka dari itu, oli mobil bisa digunakan untuk motor matic. Tapi, perlu diingat bahwa hanya oli untuk mobil dengan bahan bakar bensin yang dapat digunakan pada motor matic. Selain itu, RPM penggunaan normal mobil dan motor juga tidak berada di angka yang sama, sebab ukuran mesin pada dua jenis kendaraan ini berbeda. Oleh karenanya, penggunaan oli mobil pada motor secara reguler juga bukan suatu hal yang bisa dilakukan oleh pemilik kendaraan.

Seorang ahli pada perusahaan pelumas menjelaskan alasan argumen di atas. Ia mengatakan bahwa penggunaan oli untuk motor sebetulnya memiliki risiko, yakni slip kopling. Kondisi ini adalah keadaan ketika tenaga mesin motor tak dapat disalurkan sepenuhnya ke transmisi. Bila sudah begini, performa motor jelas akan terganggu. Pada kondisi seperti membawa beban berat atau menaiki tanjakan, motor tak dapat dipakai dalam kecepatan tinggi.

Dapat disimpulkan bahwa oli mobil dapat digunakan untuk motor, tapi khusus untuk motor matic. Akan tetapi, disarankan untuk tidak menggunakan oli mobil secara reguler pada motor sebab dapat menurunkan performa kendaraan.

Bermanfaat memang menggunakan oli mobil untuk motor karena jika Anda memiliki kedua kendaraan ini, maka Anda tidak perlu lagi membeli dua jenis oli yang berbeda namun salah satunya saja. Meskipun demikian, jika Anda tidak ingin memakai oli mobil untuk motor demi menjaga kualitas sepeda motor Anda, maka sebelum membeli oli motor ini perhatikan dulu beberapa hal penting agar nanti tidak salah. Semoga artikel ini bermanfaat, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *