Manfaat Mencampurkan Oli Samping dengan Bensin

Penggemar maupun pengguna sepeda motor 2-tak tahu betul jika kendaraan favoritnya mempunyai metode perawatan khusus. Ya, perawatan motor bermesin 2-tak bukan mengandalkan oli mesin semata. Melainkan, kendaraan ini lebih condong pada penggunaan oli samping. Oli samping Idemitsu terbaik bekerja dengan sempurna dalam tiap celah komponen mesin motor 2-tak.

Salah satu trik perawatan motor yang kerap dilakukan oleh pemilik sepeda motor 2-tak adalah mencampurkan oli samping dengan bensin. Hal ini dilakukan tentunya untuk ‘kesehatan’ mesin motor itu sendiri. Memangnya, apa saja manfaat mencampurkan oli samping dengan bensin? Simak kelanjutan artikel ini untuk tahu jawabannya!

Pada tangki mesin

Manfaat pertama mencampurkan oli samping dengan bensin terletak pada tangki mesin motor. Menurut salah satu pemilik bengkel yang diwawancara oleh Liputan6.com, penggunaan oli mesin yang dicampur dengan bensin memiliki fungsi untuk membersihkan tangki mesin dari karat. Ya, pencampuran dua pelumas ini akan membuat karat yang menumpuk di bagian bawah tangki mesin menjadi luruh. Sebab, jika hanya mengisi tangki mesin dengan bensin atau pertamax murni, karat akan merembes lalu menumpuk di bagian bawah tangki. Oleh karenanya, penggunaan oli samping dimaksudkan untuk membersihkan karat-karat tersebut.

Pada suara yang dihasilkan

Manfaat kedua dari mencampurkan oli samping dengan bensin terletak pada suara yang dihasilkan. Pemilik bengkel yang sama juga menuturkan jika penggunaan campuran oli samping dan bensin ke dalam tangki mesin akan menghasilkan suara knalpot yang tidak terlalu kasar. Pasalnya, pencampuran dua pelumas ini akan membuat blok seher juga mendapatkan pelicin. Jadinya, suara yang dihasilkan tidak akan sekasar saat blok seher tidak terkena pelumas.

Pencampuran oli samping dengan bensin untuk dimasukkan ke dalam mesin memang memiliki manfaat seperti yang sudah dijelaskan di atas. Akan tetapi, perlu diingat jika volume oli samping yang dicampurkan tidak boleh terlalu banyak. Sebab, jika komposisi oli samping terlalu banyak, asap yang dihasilkan knalpot motor 2-tak akan lebih banyak dan kental pula. Sehingga, motor akan ‘ngebul’. Cara sederhana untuk menakar oli samping dengan bensin adalah dua tutup botol besar oli samping untuk motor 2-tak dengan pompa oli, dan dua tutup botol kecil oli samping untuk motor 2-tak tanpa pompa oli.

Itulah dia manfaat mencampurkan oli samping dengan bensin. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *