Lakukan 4 Hal Ini Jika Mau Memiliki Toko Kelontong Pribadi

Toko kelontong memang merupakan salah satu jalan keluar bagi yang ingin berbelanja murah dan dekat. Tidak heran bila masih banyak orang yang tertarik untuk membangun bisnis ini. Bahkan, terkadang pemilik usaha ini sampai membangun komunitas toko kelontong untuk saling berbagi pengalaman dan tips bermanfaat agar bisa mengembangkan toko mereka.

Nah, jika Anda juga sempat berminat untuk membangun toko kentong sendiri, ada beberapa aspek yang sangat amat perlu diperhatikan karena jika tidak, toko kelontong Anda akan kalah saing dengan toko kelontong yang lainnya. Maka dari itu, simak artikel yang akan membahas beberapa hal yang patut dilakukan saat Anda hendak memiliki toko kelontong.

  1. Hindari perbuatan curang

Salah satu hal yang sangat amat perlu untuk dilakukan dalam melakukan bisnis adalah kejujuran. Kejujuran adalah aspek nomor satu yang sangat amat penting untuk diterapkan jika menginginkan buah hasil yang baik. Berjualanlah dengan profesional dan jujur saat dihadapkan dengan konsumen. Jangan lupa juga untuk teliti dalam melakukan pengukuran atau penjumlahan harga karena hal ini pastinya adalah hal yang cukup sensitif jika dilakukan.

  1. Memiliki sifat yang ramah

Menerima pelanggan pastinya harus disambut dengan senyuman dan tutur kata yang baik sehingga si pelanggan pun memiliki perasaan yang senang untuk berbelanja. Jangan sampai Anda menyambutnya dengan wajah yang menyeramkan atau menyebalkan apalagi dengan tutur kata yang memberikan kesan jutek sehingga pelanggan memiliki perasaan tidak diinginkan.

  1. Menjual barang yang tidak kadaluwarsa

Membuka usaha kelontong pastinya Anda harus menjual barang-barang atau makanan yang memiliki bahan kadaluwarsa. Dan barang-barang yang Anda jual juga tidak sepenuhnya terjual dalam waktu yang singkat. Maka dari itu, pastikan bahwa Anda selalu mengecek tanggal kadaluwarsa setiap produk yang Anda jual untuk menghindari terjualnya barang yang sudah kadaluwarsa.

  1. Memiliki waktu buka yang konsisten

Salah satu hal yang perlu Anda lakukan juga adalah memiliki waktu jam buka dan tutup yang konsisten. Maka dari itu, tentukanlah jadwal buka toko yang jelas setiap harinya. Pastikan juga untuk memberikan pengumuman jika Anda harus menutup toko Anda untuk beberapa waktu.

Selain memerhatikan 4 hal di atas, tidak ada salahnya jika toko kelontong Anda bermitra dengan pihak lain, seperti SRC (Sampoerna Retail Community). Dengan bergabung dalam komunitas tersebut, Anda akan mendapat banyak kesempatan untuk saling berbagi informasi dengan anggota komunitas lainnya. Tidak hanya itu, Anda juga akan mendapatkan berbagai manfaat lain dari pihak SRC seperti diikutsertakan dalam berbagai program SRC dan sebagainya.

Semogaa informasi di atas bermanfaat, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *