Kredit Mobil Baru, Begini Tips Memilih Asuransi Kendaraan-nya!

Membeli mobil baru secara kredit seperti kredit mobil Mitsubishi, misalnya, memang memberikan sejumlah keuntungan. Sebab Anda tidak perlu langsung menyiapkan uang dalam jumlah banyak untuk membayar lunas mobil tersebut.

Tidak hanya itu, banyak juga perusahaan pembiayaan yang memberikan suku bunga rendah, uang muka ringan, cicilan ringan, dan lain sebagainya sehingga semakin menguntungkan.

Namun demikian, ketika mengambil mobil dengan sistem kredit ini, ada hal penting lain yang harus dipertimbangkan oleh calon pembeli, yakni asuransi kendaraan.

Seperti diketahui, penggunaan asuransi untuk kendaraan sangatlah penting. Mengingat asuransi satu ini melindungi kendaraan dari kejadian yang tidak diinginkan serta memberikan rasa aman kepada pemilik kendaraan sekalipun kendaraan tersebut masih dalam masa cicilan.

Untuk itu, sebagai pemilik Anda harus melindungi kendaraan dengan membeli asuransi kendaraan. Namun, sebelum membelinya, perhatikan dulu tips ini.

  1. Tidak tergiur dengan iming-iming paket kredit + asuransi murah.

Ketika pertama kali mengajukan kredit mobil, biasanya ada penawaran paket kredit mobil yang dilengkapi dengan asuransi kendaraan sehingga sebagai pembeli Anda tidak perlu lagi repot mencari perusahaan asuransi.

Namun, jangan langsung tergiur dengan paket tersebut, lantaran biasanya asuransi kendaraan yang ditambahkan pada paket kredit mobil ini lebih mahal dibanding mendatangi langsung perusahaan asuransi.

Untuk itu, apabila Anda ditawari, tanyakan langsung fasilitas apa saja yang didapat. Jika tidak jauh berbeda dengan perusahaan asuransi, maka tidak masalah mengambilnya.

  1. Bandingkan perusahaan asuransi.

Jika Anda memutuskan membeli sendiri asuransi kendaraan tersebut, alangkah baik Anda membandingkan setiap perusahaan asuransi. Dengan melakukan perbandingan ini, Anda tentu bisa mengetahui rate harga yang ditawarkan oleh pihak asuransi. Pastikan Anda memilih harga yang sesuai dengan kebutuhan, tujuannya supaya tidak memberatkan Anda di kemudian hari.

  1. Cermat memilih risiko yang ditanggung pihak asuransi.

Setelah membandingkan pihak asuransi, hal lain yang harus diperhatikan adalah risiko yang ditanggung pihak asuransi. Biasanya, perusahaan asuransi memiliki dua jenis pertanggungan, yakni asuransi All Risk dan asuransi Total Lost Only (TLO).

Di mana, untuk asuransi All Risk memberikan perlindungan kepada kendaraan yang mengalami kerusakan akibat kebakaran, pencurian, tabrakan, benturan, perbuatan jahat, dan sebagainya. Sedangkan, untuk asuransi Total Lost Only (TLO) memberi perlindungan di atas 75% kepada kendaraan yang hilang karena dicuri, kecelakaan parah, ataupun hal lainnya.

  1. Pilih perusahaan asuransi terpercaya.

Pastikan Anda memilih perusahaan asuransi yang sudah terpercaya, dengan begini Anda tentu bisa terhindar dari kerugian yang mungkin saja terjadi di masa mendatang. Pilihlah perusahaan asuransi yang memiliki kredibilitas baik dan bisa dipercaya, rasio keluhan pelanggan sedikit bahkan hampir tidak ada, bengkel rekanan banyak, fitur layanan yang diberikan lengkap, prosedur klaim mudah, dan lainnya.

Itu dia beberapa tips yang bisa menjadi pertimbangan untuk Anda ketika memilih asuransi kendaraan. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *