Inilah Bahan Kertas yang Cocok untuk Membuat Stiker DIY!

Saat masa libur perkuliahan, ada banyak hal yang bisa kamu lakukan. Kalau sudah memasuki tahun-tahun terakhir berkuliah, kamu bisa melakukan internship. Tapi kalau masih di tahun-tahun awal, kamu bisa bebas berkreasi. Misalkan kamu suka menggambar, kamu bisa bikin stiker DIY kemudian cetak stiker label itu di tempat percetakan. Nah sebelum itu, yuk cari tahu dulu apa saja bahan kertas yang bisa kamu pakai untuk membuat stiker DIY itu!

Waterproof matte inkjet

Bahan kertas yang pertama bernama waterproof matte inkjet (WJ). Kertas ini punya bahan seperti kertas vinyl yang tebal dan tahan lama, sehingga kertas WJ sangat cocok untuk kebutuhan stiker DIY. Selain itu, lapisan inkjet tahan air pada kertas ini juga akan menyerap desain atau gambar kamu dengan cepat. Jadinya, stiker DIY yang cantik dan warna menonjol akan mudah kamu dapatkan.

Kertas WJ juga punya daya tahan cuaca dan daya rekat yang kuat. Artinya, stiker DIY berbahan kertas ini akan tahan sobek, kotor, juga terkelupas. Sesuai dengan namanya, kertas ini kompatibel dengan semua printer inkjet saja. Untuk itu, pilih kertas ini kalau kamu berencana mencetaknya dengan printer inkjet, ya.

Brown craft

Dengan warna asli cokelat, kertas satu ini menonjolkan ciri khas handmade atau buatan tangan, organik, ramah lingkungan, serta vintage. Kalau kamu mencari bahan kertas yang memiliki daya tarik seperti ini, kamu bisa memilih kertas brown craft untuk mencetak stiker DIY-mu.

Psst, bahan kertas ini juga kompatibel untuk printer inkjet maupun laser, serta cocok disandingkan atau ditempelkan pada undangan, segel amplop, undangan pernikahan, suvenir pesta, dan stiker planner, lho. Akan tetapi, kertas satu ini tidak tahan cuaca panas ataupun dingin lantaran ia berbahan dasar kertas biasa. Namun, kamu juga berkreasi dengan menambahkan lapisan antiair, jika memang ingin menggunakan bahan kertas ini untuk stiker DIY buatanmu.

Clear material

Bahan kertas yang terakhir adalah clear material. Kertas bening atau transparan ini merupakan pilihan unik dan populer untuk bahan membuat stiker. Soalnya, permukaan benda yang ditempeli stiker DIY akan terlihat dengan mudah saja; seperti tidak tertutup kertas cetakan stiker apa pun. Selain untuk stiker DIY, kertas ini cocok digunakan untuk label produk tertentu yang membutuhkan label transparan.

Bahan ini biasanya tersedia dalam dua jenis, yakni clear matte dan clear gloss, yang tampak berbeda pada hasil akhirnya. Bahan clear matte akan memiliki hasil cetak matte atau buram, sedangkan clear glossy akan memiliki hasil cetak yang berkilau. Yang terpenting, keduanya dapat digunakan pada printer inkjet maupun laser.

Itulah dia beberapa opsi bahan stiker yang bisa kamu pilih untuk mencetak stiker DIY buatanmu. Setelah mempertimbangkan beberapa opsi di atas dan menjatuhkan pilihan pada satu jenis bahan kertas, kamu nggak akan kesulitan ketika mau memproses produksi stiker DIY buatanmu di tempat percetakan stiker label. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *