Bayi Sehat, Ibu Semangat

Kelahiran sang buah hati adalah fase yang ditunggu-tunggu oleh pasangan suami istri yang telah menantikan lahirnya bayi mereka.

Namun, ketika si kecil lahir terkadang Ibu merasa takut dan bingung apakah bayi mereka dalam kondisi yang sehat atau tidak. Berikut beberapa ciri-ciri bayi sehat yang dapat menjadi jawaban akan pertanyaan risau Ibu mengenai keadaan bayinya.

  • Pertama, seluruh anggota badannya lengkap dan sempurna.
  • Kedua, saat bayi lahir suara tengisnya terdengar nyaring.
  • Ketiga, berat badan bayi yang baru lahir minimal 2,5 kilogram.
  • Keempat, warna kulit bayi yang baru lahir adalah kemerahan mulai dari wajah, bibir, tangan hingga kaki. Jika warna kulitnya kuning maka dapat mengindikasikan adanya kelainan atau gangguan kesehatan.
  • Kelima, pernapasannya teratur dan tenang. Keenam, bagian lengan dan tungkainya bergerak aktif. Ketujuh, warna urin bayi jernih atau kekuningan.

Selain itu, agar sang bayi selalu dalam keadaan sehat ada beberapa tips perawatan yang dapat dilakukan Ibu.

  • Pertama, ketika hendak memandikan bayi maka Ibu seharusnya mengecek suhu air mandi sekitar 38°C, serta apakah suhu ruangan sudah cukup hangat. Hal ini agar tubuh bayi tidak menggigil.
  • Kedua, membersihkan matanya dengan kapas yang halus jika matanya terlihat lengket.
  • Ketiga,setelah bayi dimandikan maka dianjurkan agar ibu membungkus tali pusat bayi dengan kain kassa yang telah dibasahi alkohol 70%.

Selain itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan masalah pertimbangan penyajian makanan pada bayi, yaitu dengan memperhatikan cara mengolahnya dan kandungan gizinya. Hal ini dikarenakan bayi memiliki pencernaan yang masih rentan.

Ibu perlu mempelajari cara pengolahan makanan yang baik bagi bayi serta kandungan gizinya. Hal penting dalam menyiapkan dan memberikan makanan bagi bayi adalah jangan menambahkan bumbu penyedap ke dalam makanan. Ini dapat mengurangi tingkat risiko gangguan kesehatan bayi.

Demikianlah penjelasan mengenai ciri-ciri bayi sehat dan tips perawatan yang dapat dilakukan Ibu agar bayi tetap sehat.

Ibu juga tetap dianjurkan agar selalu berkonsultasi dengan dokter. Ibu yang semangat dan memperhatikan kebutuhan bayinya maka bayi akan sehat,pertumbuhan dan perkembangannya optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *