Area di Rumah yang Rawan Menjadi Sarang Kuman!

Meski rumah terlihat bersih, namun siapa sangka beberapa area di rumah ini ternyata sangat rawan terhadap kuman. Melansir dari klikdokter.com, munculnya kuman ini disebabkan oleh berbagai faktor misalnya saja dipengaruhi oleh tingkat kelembapan udara dalam ruangan, pencahayaan yang kurang baik, hingga seberapa sering rumah dibersihkan.

Adapun area-area di rumah yang rawan terhadap paparan kuman adalah sebagai berikut ini, check it out:

  1. Tempat tidur. Salah satu area di rumah yang menjadi sarang kuman adalah tempat tidur. Meski selalu dibersihkan, sayangnya tempat tidur malah rawan dihinggapi kuman. Terlebih, jika sehabis pulang bepergian penghuni rumah tidak langsung mengganti pakaian mereka tapi malah tidur di atasnya, tentu kuman yang menempel di pakaian akan menempel pula di atas tempat tidur.
  2. Dapur. Banyak area di dapur yang sangat disukai oleh kuman misalnya talenan, wastafel cuci piring, meja dapur, spons cuci piring hingga saluran pembuangan. Mengutip dari laman alodokter, area-area ini ternyata banyak yang mengandung bakteri coli dan Salmonella. Bakteri penyebab terganggunya saluran pencernaan seperti demam, kram perut, muntah, hingga diare.
  3. Ruang keluarga. Selain itu, ruang keluarga juga menjadi tempat favorit bersarangnya kuman. Di mana, kuman akan sangat suka sekali menempel pada remote tv ataupun karpet yang dijadikan sebagai alas untuk duduk di ruang keluarga. Jika tidak dibersihkan, bisa saja terdapat tungau dan bakteri Eschericia coli penyebab sakit kulit.
  4. Kamar mandi. Kamar mandi yang tidak dijaga kebersihannya tentu akan sangat mudah menjadi sarang kuman penyakit. Misalnya saja, Streptococcus (mengakibatkan gangguan saluran pernapasan), Salmonella (menyebabkan masalah pencernaan), hingga coli (mengganggu saluran pencernaan). Kuman-kuman tersebut pun akan menempel pada peralatan yang biasa digunakan seperti keran air, toilet, bak mandi, saluran pembuangan, dan lain sebagainya.

Itu dia beberapa area di ruah yang kerap dihinggapi atau menjadi sarang kuman penyebab penyakit. Supaya rumah Anda tidak menjadi sarang kuman, maka rajinlah selalu membersihkannya setiap hari. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membersihkan rumah, ya! –SH–

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *