Adakah Makanan yang Tahan Sampai Bertahun-tahun?

Pernahkah kamu menemukan makanan yang masa kedaluwarsanya sampai bertahun-tahun? Pasti belum pernah! Ya, mengingat, makanan yang banyak beredar di pasaran paling lama masa kedaluwarsanya mungkin hanya sampai satu tahun saja.

Namun, tahukah kamu, ternyata ada loh makanan yang umurnya sampai bertahun-tahun bahkan ratusan tahun? Kaget? Pastinya karena makanan yang baru lewat expired sebulan saja, rasanya sudah tidak enak. Apalagi, ini sudah ratusan tahun tentu kamu akan mengira makanannya sudah tidak layak konsumsi.

Eits, kamu salah, makanannya sangat aman loh dikonsumsi sekalipun umurnya ada yang sampai ratusan tahun. Berikut makanannya:

1. Madu

Madu seringkali ditambahkan ke makanan lain, terutama makanan yang terasa hambar, lantaran memiliki rasa yang manis. Madu kaya kandungan hydrogen peroxide dan gula sehingga membantu menghalangi pertumbuhan bakteri dan mikroba. Atas alasan inilah madu sangat disukai oleh semua kalangan, baik muda maupun tua.

Nah, bicara mengenai madu, tahukah kamu, ternyata ada loh madu yang sudah berumur ribuan tahun? Ya, madu ini ditemukan oleh seorang arkeolog yang melakukan penggalian di kuburan Mesir kuno tahun 2015 silam. Ketika dimakan, madu tersebut masih layak konsumsi padahal umurnya sudah 3.000 tahun.

2. Fruit Cake

Setelah dibuat, fruit cake biasanya memiliki tanggal kedaluwarsa sekitar tiga hari sampai seminggu. Namun, siapa sangka, ternyata ada fruit cake yang sudah berumur ratusan tahun tapi malah tidak berjamur dan masih bisa dimakan. Fruit cake-nya sendiri disimpan oleh keturunan Morgan L. Ford yang berasal dari Michigan.

Fruit cake tersebut mulanya dibuat sekitar tahun 1878, lalu pada tahun 2003 ketika acara Tonight Show, Jay Leno, mencoba fruit cake-nya dan pada saat dicicipi masih enak dan tidak basi. Ini terjadi karena fruit cake-nya diberi alkohol sehingga membuatnya bisa bertahan sampai ratusan tahun lamanya.

Baca Juga: Makanan Tinggi Probiotik untuk Atasi Masalah Pencernaan

3. Kecap

Sama halnya dengan madu, kecap pun kerap ditambahkan ke dalam makanan, seperti bubur, mi ayam, bakso, dan lainnya. Nah, apakah kamu tahu, ternyata kecap juga bisa bertahan sampai bertahun-tahun, loh? Hal ini lantaran kecap melalui proses fermentasi dan di dalamnya tersimpan kandungan garam.

Namun, ini hanya berlaku pada kecap yang kemasannya masih utuh alias penutupnya belum dibuka. Apabila sudah dibuka, maka daya tahannya biasanya hanya beberapa hari atau bulan saja.

Itu dia beberapa makanan yang tahan sampai bertahun-tahun. Apakah kamu pernah mencobanya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *