Hindari Kesalahan Isi Ulang Tinta Printer Ini

Membeli cartridge baru setiap kali printer Ink Tank A3 yang dimiliki kehabisan tinta memang cara yang tepat. Sayangnya, harga cartridge yang mahal membuat banyak orang lebih suka mengisi ulang cartridge dengan cairan tinta dibandingkan dengan menggantinya.

Sebenarnya, tidak masalah jika kamu mengisi ulang cartridge, tetapi waspadai beberapa kesalahan berikut ini:

  • Tinta tidak sesuai

Ada banyak jenis tinta yang beredar di pasaran. Ada yang original dan ada yang palsu. Selain itu, tinta original sendiri juga memiliki banyak sekali jenis. Kamu harus benar-benar memerhatikan apakah tinta yang kamu pilih adalah original atau tidak? Sesuai atau tidak dengan tipe printermu?

Meskipun tinta terlihat memiliki kekentalan yang mirip, tetapi memaksakan diri menggunakan tinta yang tidak sesuai dengan tipe printermu hanya akan membuat cartridge printermu mengalami kerusakan. Apalagi jika kamu memilih tinta palsu yang dibilang dapat menghemat penggunaan tinta printer, bisa-bisa kerugian yang kamu alami tidak hanya kerusakan cartridge saja tetapi juga printermu. Jadi, sebaiknya jangan pernah memaksa untuk menggunakan tinta yang tidak sesuai.

  • Mengisi berlebihan

Tabung tinta dalam cartridge berukuran sangat kecil. Berbeda jika kamu menggunakan printer infus yang menyediakan tempat khusus untuk menyimpan tinta. Jadi jangan pernah mengisi tinta dalam jumlah banyak melebihi kapasitasnya, apalagi jika tinta sampai tumpah ke luar.

  • Salah Cara

Cara pengisian ulang setiap cartridge sebenarnya umumnya tidak berbeda jauh, yaitu dengan menyuntikkan tinta ke dalam tabung. Namun, terkadang ada yang membedakan yaitu aarah penyuntikkan. Ada baiknya jika kamu mempelajari terlebih dahulu cara pengisian yang benar sebelum melakukan isi ulang tinta.

Selain itu, kamu juga harus memerhatikan dengan benar lokasi tabung tinta sesuai dengan warnanya. Terutama untuk tinta warna karena kamu harus mengisikan 3 warna tinta di dalam satu cartridge yang sama. Jangan sampai kamu memasukkan warna yang salah karena akan langsung memengaruhi hasil cetak.

Mengisi ulang tinta memang terlihat mudah dan sederhana, tetapi kenyataannya tidak seperti itu. Banyak loh orang yang akhirnya harus mengganti cartridgenya dengan yang baru karena rusak akibat cara isi ulang yang salah. Jika kamu memang tidak yakin bisa melakukan isi ulang dengan cara yang benar, maka kamu bisa mengatasinya dengan membawa cartridge ke tempat isi ulang dan meminta bantuan mereka untuk melakukannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *